5 Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut Agar Lebat dan Berkilau


Manfaat Cuka Apel – Cuka yaitu satu diantara jenis asam karboksilat yang paling simpel. Cuka asam terbagi dalam asam cuka (acetic acid) atau asam asetat, zat gula (saccharides), asam amino, vitamin B1 serta B2. 

Cuka nyatanya bukan sekedar berguna sebagai perasa makanan, tetapi dapat juga dipakai sebagai pengawet, desinfektan serta antiseptik. Cuka berguna juga untuk kesehatan karena bisa turunkan gula darah serta mengontrol diet. 

Selain manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, ternyata cuka berguna juga untuk merawat rambut. 

Cuka Apel 

Tidak seperti cuka putih yang mudah diperoleh di toko kelontong, cuka apel cuma dapat diketemukan pada supermarket spesifik saja. Cuka apel umum dipakai sebagai perasa pada makanan salad. 

Cuka apel datang dari sari apel yang difermentasi dengan ragi. Ragi yang dipakai yaitu ragi dengan bakteri baik yang bisa membuahkan alkohol. Air yang didapat dari sistem fermentasi ini lalu digunakan untuk membuat cuka. 

Cuka apel mempunyai manfaat yang tambah baik di banding cuka putih. Ini karena cuka apel mempunyai asam asetat serta beragam nutrisi yang lain yang diperlukan oleh badan, seperti : Vitamin A, B, C, E, kalium, fosfor, natirum, kalsium, tembaga, klorida, pektik serta magnesium. Oleh karenanya cuka apel banyak dipakai untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. 

Manfaat Cuka Apel Untuk Rambut 

1. Bisa Membuat Rambut Berkilau 

Untuk membuat rambut tampak lebih bercahaya, Anda dapat membersihkan rambut memakai cuka apel setelah keramas. Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 gelas air dengan ½ sendok makan cuka apel, lalu bilas rambut Anda dengan campuran cuka itu. 

Sesudah meresap dengan cara rata, basuh rambut Anda dengan memakai air dingin. Anda dapat juga menggabungkan air hangat serta cuka apel sebagai conditioner alami manfaat memperoleh rambut yang lebih bercahaya. 

2. Membuat Rambut Lebih Halus 

Cuka apel mempunyai kandungan asam alpha-hydroxy yang bisa melembutkan rambut. Karenanya, membersihkan rambut dengan memakai cuka apel bisa tutup kultikula serta membuat rambut lebih halus. 

3. Menolong Perkembangan Rambut 

Nutrisi pada cuka apel bisa merangsang perkembangan folikel rambut hingga perkembangan rambut lebih cepat. Dengan kata lain, cuka apel dapat juga melebatkan serta tingkatkan volume rambut. 

4. Bisa Menangani Ketombe 

Cuka apel mempunyai karakter anti bakteri serta jamur, karena itu membersihkan rambut memakai cuka apel bisa menolong menghilangkan infeksi kulit kepala, ketombe serta gatal-gatal. Campur dahulu cuka apel dengan air sebelumnya dipakai, lalu pijat perlahan agar meresap dengan cara rata ke semua kulit kepala. 

Cara yang lain yaitu dengan mencampurkan 1 sendok teh cuka apel kedalam shampoo untuk keramas. 

5. Menangani Rambut Rontok 

Satu diantara penyebabnya rambut rontok yaitu karena ada sel kulit mati yang menumpuk. Untuk mengatasinya, Anda bisa memakai cuka apel yang digabung dengan gula merah untuk keramas. Kemudian baru bersihkan dengan air. 

Cara yang lain yaitu dengan mencampurkan cuka apel dengan air lalu dimasukan kedalam alat penyemprot. Semprotkan larutan cuka apel itu ke kulit kepala atau rambut. Hal semacam ini bisa menolong menangani kerontokan serta menebalkan rambut. 

Sampai kini cuka apel memanglah populer sebagai suplemen yang bisa melindungi kesehatan badan bila dikonsumsi dengan cara teratur setiap harinya. Untuk menyehatkan rambut dapat juga dengan meminumnya tanpa ada mesti memakainya di rambut. 

Cara meminumnya juga tidak susah, cukup campur cuka apel dengan satu gelas air putih, bila merasa asam dapat ditambahkan madu. Mengkonsumsi dengan cara rutin bisa meningkatkan stamina badan serta pertumbuhan rambut.