Pentingnya Mengkonsumsi Buah Okra 13 Penyakit ini Bisa di Hindari.Bila Belum Mengerti Tolong Dipahami Dan Dibaca Kegunaanya


Okra atau umum disebut jari wanita ataupun bamia yaitu satu di antara jenis tanaman berbunga abadi yang termasuk tanaman genus hibiscus dari keluarga Malvaceae (kapas-kapasan). Tanaman penghasil serat ini banyak dibudidayakan di daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat. 

manfaat okraTanaman ini datang dari benua Afrika. Saat ini okra telah banyak dikenal disejumlah negara seperti Jepang, Srilanka, Philiphina, Saudi Arabia, bahkan hingga kenegara-negara dibenua Amerika dan Eropa. Walaupun itu, di Indonesia, tanaman ini kurang sekian dikenal oleh orang-orangnya. 

Kandungan Gizi dalam okra 
Okra yaitu semacam tanaman sayuran yang kaya akan serat dan glutation Selain itu dalam biji tanaman ini bisa mempunyai kandungan minyak hingga 40%. Dimana dalam minyak itu sangat kaya asam lemak tidak bosan seperti asam oleat dan asam linoleat. 

Manfaat buah okra untuk kesehatan antaralain : 

1. Membantu turunkan berat badan 
Okra (bamia) yakni satu di antara jenis sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam masing-masing 100 gr okra hanya mempunyai kandungan 30 kalori. Selain itu, tanaman ini bisa tidak mempunyai kandungan lemak bosan atau cholesterol. Walaupun demikian, okra yaitu sumber makanan yang kaya serat, mineral, dan vitamin. Okra sering direferensikan oleh ahli gizi sebagai sumber makanan untuk membantu mengontrol cholesterol dan program penurunan berat badan. 

2. Dapat membantu menghindar sembelit 
Okra yaitu type polong yang kaya zat lendir. Hal sejenis ini berguna untuk membantu dalam peristaltik kelancaran makanan yang di proses melalui usus sampai dapat membantu meredakan atau menghindar kondisi sembelit. 

3. Membantu membuat perlindungan paru-paru 
Okra yaitu tanaman sayur yang banyak menngandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satunya yakni manfaat senyawa flavonoid yang bertindak sebagai anti-oksidan seperti beta-karoten, xanthin dan lutein yang dapat membantu membuat perlindungan paru-paru. 

4. Melindungi kesehatan mata dan kulit 
Tanaman okra disadari banyak memiliki kandungan manfaat vitamin A yang sangat baik untuk membantu membuat perlindungan kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan untuk melindungi selaput lendir yang bertindak dalam membuat perlindungan kulit agar selalu sehat. 

5. Menghindar kanker rongga mulut 
Anti-oksidan yang ada dalam okra atau bamia yaitu satu di antara senyawa yang dapat membantu menghindar kanker rongga mulut. 

6. Kemungkinan tulis pada janin 
Tanaman okra fresh yaitu penghasil atau sumber folat yang baik. Dari 100 gr okra fresh ada kandungan sekitar 22% RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan folat terutama untuk wanita hamil, dapat membantu turunkan peluang cacat pada tabung saraf janin dalam kandungan. 

7. Membantu melindungi sistem kekebalan tubuh 
Mengkonsumsi okra dapat membantu tubuh untuk tingkatkan sistem kekebalan pada infeksi, kurangi batuk dan membuat perlindungan tubuh dari radikal bebas yang memiliki resiko beresiko. Hal sejenis ini karena dalam satu okra ada 36% kandungan manfaat vitamin C dari rujukan harian untuk tubuh. 

Selain itu, manfaat zat besi dalam okra bisa pula membantu mengatur molekul hemoglobin. Sebagian sel darah merah bertanggungjawab dalam pendistribusian oksigen dari paru-paru ke ke semuanya tubuh. Zat besi juga melakukan tindakan dalam system metabolisme daya, termasuk sintesis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam sistem kekebalan tubuh. 

8. Memperkuat tulang dan gigi 
Terkecuali beberapa tipe kandungan nutrisi di atas, dalam okra fresh banyak juga terdapat vitamin K yang dimaksud co-faktor untuk enzim pembekuan darah dan diperlukan untuk memperkuat tulang. Selain itu, okra sebagai penghasil manfaat kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. 

9. Melindungi keseimbangan tubuh 
Okra juga kaya akan manfaat vitamin B kompleks seperti niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat. Seperti kita ketahui kalau vitamin B kompleks sangat diperlukan hampir dalam semuanya manfaat tubuh manusia. 

Kekuatan vitamin B kompleks keduanya sama berkaitan erat keduanya. Kekurangan satu di antara type vitamin B kompleks bisa mengakibatkan tidak seimbangan pada tubuh seperti kekurangan daya, sistem saraf yang kurang sehat, pencernakan yang buruk, serta kandungan cholesterol yang tidak sehat. Karena itu, pastikanlah untuk mencukupkan vitamin B konsumsilah okra. 

10. Membantu metabolisme energi 
Kandungan magnaan dan magnesium yang melakukan tindakan sebagai co-faktor bermacam tipe enzim pada tubuh. Magensium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi-reaksi biologi di dalam tubuh, tengah mangaan bertindak dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta menghindar peroksidasi lemak oleh radikal bebas. Ke-2 senyawa ini sangat paling utama dalam system pengontrolan metabolisme daya pada tubuh. 

11. Turunkan kolesterol 
Satu studi yang diterbitkan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology dapatkan kalau ekstrak okra dapat membantu turunkan kandungan cholesterol. 

12. Membantu system pencernaan 
Okra yaitu sumber serat yang baik yang dapat membantu mempermudah pencernaan, tingkatkan kandungan gula darah. 

13. kurangi peluang penyakit jantung 
Kandungan serat dan manfaat anti-oksidan seperti katekin, epicatehin, procyanidin, quercetin, dan teratur pada okra disadari bisa turunkan peluang penyakit jantung.