Khasiat Mengkudu: Mengobati Hipertensi, Pegal Linu hingga Menghilangkan Ketombe


Untuk Anda yang sering memakai buah sebagai obat untuk beragam penyakit, pasti tidak asing dengan buah mengkudu. Untuk Anda yang sering memakai buah sebagai obat untuk beragam penyakit, pasti tidak asing dengan buah mengkudu. Terkecuali menyembuhkan hipertensi, mengkudu dapat juga menyingkirkan ketompe pada rambut kepala. 

Terkecuali kaya vitamin C, mengkudu juga memiliki kandungan senyawa yang dimaksud seratonin yang bertindak sebagai neurotransmitter untuk mengatur tanda saraf pada otak, terlebih yang terkait dengan tidur. Tidak cuma itu, mengkudu juga berbentuk antibakteri serta antiseptik. 

Tersebut sebagian manfaat serta khasiat buah yang mempunyai bentuk serta rasa yang khas ini : 

1. Hipertensi 
Manfaat mengkudu untuk menyembuhkan hipertensi sangatlah popular. Caranya, parutlah dua buang mengkudu yang sudah dibuang bijinya. Lalu, peraslah satu mentimun yang sudah diparut. Nah, kemudian campur mentimun kedalam ramuan mengkudu, ditambah dua gula aren serta dua gelas air manas. Minumlah ramuan ini tiga kali satu hari. 

2. Radang usus 
Untuk orang yang menderita radang usus, buah mengkudu dapat digunakan untuk kesembuhan. Caranya sama jauh dengan ramuan mengkudu untuk menyembuhkan hipertensi. Pertama-tama, dua buah mengkudu masak dicuci bersih serta dilumatkan. Lalu, peraslah serta berikan madu seperlunya. Untuk hasil paling baik, kita dapat meminum ramuan ini 2 x satu hari. 

3. Pegal linu 
Ternyata bukanlah jamu saja yang dapat menyembuhkan pegal linu. Mengkudu juga dapat menyembuhkan encok atau pegal linu pada badan kita. Caranya dengan tempelkan ramuan mengkudu ke sisi yang sakit. Pertama, cuci lima helai daun mengkudu yang agak besar, serta oleskan dengan minyak kelapa. Kemudian, pangganglah diatas api hingga layu. Paling akhir, tempel daun itu pada saat masih panas di bagian yang merasa encok. 

4. Ketombe 
Ini dia manfaat yang lain yang unik dari mengkudu. Seperti shampo, mengkudu dapat juga menyingkirkan ketombe. Caranya juga termasuk mudah. Dua atau tiga buah mengkudu yang masak dilumatkan serta di beri air sedikit. Lalu peraslah, serta pakai airnya untuk digunakan keramas. Lalu, biarlah sepanjang kurang lebih lima menit. Kemudian, cucilah memakai air bersih. Kita juga bisa memakai shampo untuk menyingkirkan baunya.